RESUME MATERI
Belajar
Menulis Online WAG PGRI Gelombang 7
Rabu, 15 April
2020 Pukul 19.00- 21.00
Narasumber : Tri
Agus Cahyono, M.Pd (Juara 1 Inobel SD Bidang MIPA Tahun 2016)
Resume Oleh : Etik
Nurinto, S.P.SD (SDN Pabuaran Kabupaten Pemalang)
Karya Inovasi dan Kualitas Diri
Profil Narasumber :
Tri Agus Cahyono: lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian
bekerja sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul.
Alamat rumah RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab. Pacitan Jawa Timur. HP: 081392542771.e-mail: 3agusgurdacil@gmail.com
Pak Tri Agus menamatkan pendidikan terakhir
Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister
Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat
Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY. Beliau telah
mendapatkan berbagai penghargaan sebagai berikut:
1. Guru
Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
2. Juara
I Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3. Penghargaan
Short Course ke Jepang Tahun 2017;
4. Finalis
Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
5. Finalis
Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Kuliah Online diawali dengan Sapaan Bapak Agus dan
berdoa bersama :
Assalamu alaikum wr. wb
Bpk./ Ibu grup belajar menulis gelombang 7. Selamat Malam. Alhamdulillah berkah
bagi kami bisa bergabung dalam grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai
narasumber tentu saja Bpk./Ibu semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari
kami. Jadi tolong anggap ini sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami
peroleh selama mengabdi menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita
berdoa sesuai kepercayaan kita masing-masing. Silahkan
Sesuai Tema yg kami ambil "Karya Inovasi & Kualitas Diri"
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak
dari proses belajar seseorang. Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh
Krathwool .Ada 6 tahapan berfikir kognitif
1.
Mengingat
(C1)
2.
Memahami
(C2)
3.
Menerapkan
(C3)
4.
Menganalis
(C4)
5.
Mengevaluasi
(C5)
6.
Menciptakan
(C6)
7.
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah
sebuah tahapan puncak dari proses berfikir. Jadi ketika kita menginginkan
sebuah karya inovasi yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan-tahapan
tersebut. Jangan sampai kita berinovasi tapi:
1.
Tidak
tahu ilmunya
2.
Tidak
paham maksudnya
3.
Tidak
pernah menggunakan
4.
Tidak
bisa menganalisis bagian2nya
5.
Tidak
bisa menilai kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya
inovasi maka anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut. Ketika final lomba Karya Inobel yg dinilai
bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya tulisnya tetapi yg paling
penting dan lebih utama adalah bagaimana penciptanya/inovatornya yg akan
ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi dan tanya-jawab.
Nah bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan
kualitas diri dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan
bekerja. Belajar kita lakukan pada saat mengajar. Cara belajar paling baik
adalah dengan mengajar
Apa yg
membuat tertarik melakukan inovasi pembelajaran di kelas?
Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketidakpuasan .Setelah
kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita
pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan) Disitulah rasa ketidakpuasan
akan muncul. Dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul.Nah sekarang
bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak
Arif Edi)
1.
Asli
(jangan menjiplak)
2.
Perlu
(benar-benar dibutuhkan)
3.
Inovativ
4.
Konsisten
Oke, sekarang saya berikan contoh karya inovasi
kami yg mendapatkan penghargaan inobel 2016
Namanya media "Planetarium
Bekam" . Media ini adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg
selama ini kami gunakan yaitu globe
Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu
biasa-biasa saja. Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang
memuaskan. Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah
lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak). Zona
motivasi anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan. Jadi jika materi
terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi. Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran
IPA untuk menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir
sangat abstrak
Jadi penasaran dengan media ini ?
Fungsi media ini adalah mempermudah observasi. Ketika anak
memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan
dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit. Disinilah
ketidakpuasan terhadap globe muncul. Kita analisis kelebihan dan kekurangan globe dalam
menjelaskan materi tersebut.
Kelebihan:
1.
Model
yg paling sesuai
2.
Ada
di sekolah
3.
Mudah
digunakan
4.
...dll
Kekurangan:
1.
Tidak
bisa menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan.
Meskipun anak kelas 6 sudah mampu berfikir abstrak
namun kemampuan tersebut masih terbatas. Khusus pada gerak semu atau bukan gerak
sebenarnya anak sangat kesulitan untuk menerima konsep tersebut. Semisal Gerak semu
harian matahari
Kelemahan globe tadi adalah tidak bisa menampilkan
bagaimana gerak semu matahari,sehingga menjadi sulit bagi anak, Maka anak akan
lemah motivasinya untuk terus belajar, Itu kendala yg harus diselesaikan Nah dimana saya
dapat ide? Untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Aktifitas saya dengan kamera sangat tinggi hampir
setiap kegiatan saya rekam foto dan video ketika kita merekam video dengan
kamera action cam misalnya, kita menggunakannya dalam kondisi bergerak, sedangkan
obyek yang kita shot tidak bergerak, maka ketika kita memutar videonya, hasilnya
benda yang kita shot kelihatan bergerak padahal aslinya tidak bergerak, dan kamera merupakan
alat optik yang menyerupai kinerja mata sehingga saya mempunyai ide memasang
kamera pada globe sebagai pengganti mata kita
(Kemudian Pak Agus mengshare
sebuah Video )
Ini adalah video terbaik yg memunculkan ide dasar
tersebut. Itu ketika saya naik wahana cangkir (komedi putar) di Dufan. Perhatikan teko
dalam video tersebut. Teko kondisi sebenarnya tidak bergerak Tetapi dalam video bergerak Itulah yg bisa
dimanfaatkan untuk menjelaskan gerak semu Teko sebagai matahari sedangkan
kamera adalah mata yg ada di bumi.
Nah coba tonton video tersebut sambil tiduran
berulang-ulang. Dan jadikan HP Bapak/Ibu sebagai kenampakan langit
Teko akan muncul dari samping kiri ke kanan dan
menghilang Nah itu mirip dengan gerak semu harian matahari Nah saya berpikir
bagaimana supaya hal tersebut bisa ditampilkan di kelas
Maka kamera yg saya pasang harus bisa live
menampilkan kenampakan langit
Kamera saya hubungkan ke laptop dan saya hubungkan
ke proyektor (LCD) saya sorotkan ke langit2 kelas Maka jadilah planetarium
bekam Bekam = Globe berkamera
Berikut Rancangan alat
peraga bekam
Sesi Diskusi dan Tanya Jawab :
1. Apakah karya inobel yang juara mesti ada unsur TIK- nya...? Pak Azis guru
di Demak
Selamat malam Pak @Aziz Demak : Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya
manual sederhana namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis
TIK
2. Selamat malam pa Agus, boleh ceritakan
lebih dalam karya inovatif yang pernah
anda buat sampai dikenal dan mendapat prestasimu itu?Pak Simon Kupang
Selamat malam Pak @Simon Anunu Kupang. Iya
tentu akan kita bahas
3. Yang manakah media / alat peraga
yang lebih pertimbangkan oleh dewan juri
saat kita mengikuti lomba inobel apakah yang bersifat tradisional atau modern .
Tentu dengan telah memperhatikan fungsi dan kegunaanya dlm pencapaian IPK
siswa. Terimakasih. Prihariyani _ Semarang
Kelebihan dari sebuah karya bukanlah dari
sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih kepada kebermanfaatan, ide, dan
kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh orang lain. Meskipun karya
berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit untuk ditiru dibuat oleh guru
lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu maka nilainya akan kurang.
4. Selamat Malam...blhkah sy bertanya...dl sebelum ada tagline ttg INOVASI
PEMBELAJARAN apkh di Indonesia kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru2 sama
sekali blm mengarah pd kegiatan Inovasi Pembelajaran ? Apkh seperti RA Kartini
yg meminta gurunya yaitu Mbah Sholeh Darat utk mentranslate Al Quran dlm
terjemahan bs d katakan sbg inovasi pembelajaran ? Td d katakan secara implisit
bhw Globe sbg media pembelajaran pdhl antara media pembelajaran dan alat peraga
itu tdk sama. Pak Beny Kediri.
Mohon di jlskan perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk
pemateri. Terimakasih.Pak Beny Kediri
Menurut saya Alat peraga adalah bagian dari media
5. Maaf P. Agus, mungkin ada gambar atau video inobelnya biar lebih jelas. Agus
Purwadi, Ponjong
Iya Pak sabar
6. Pak Agus, Sri Dwi Murwaningsih SD Surubendo. Seberapa jauh peran KS dalam
prestasi njenengan? Langkah langjah apa yang telah beliau ( KS) lakukan
sehingga guru bisa berinovasi dan meningkatkan kwalitas diri secara maksimal.
Apakah teman teman satu sekolah Pak Agus juga melaksanakan hal yang sama dgn
Pak Agus? Ya, walaupun mgkn tdk ikut lomba. Terimakasih.
Selamat malam Ibu Kepsek. Alhamdulillah
Bapak Kepala sekolah Kami baik yg lama maupun yg baru sangat mendukung
kegiatan2 saya.
7. Selamat malam pak Agus, banyak guru di sekolah memiliki kesulitan utk
mencari ide kreatif karena mnyelsaikan administrasi guru. Apakah bapak punya
saran utk kondisi ini (dilihat dari pengalaman bapak). Terima kasih /
grefer_kupang, NTT
Minimalkan administrasi, lebih ke hal2
aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar,
administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg
penting2 saja.
File makalah Karya inovatif Pak Agus :
8. Assalamualaikum wr.wb
1. Untuk karya inobel..ada kriterianya?
2. utk karya yg bagus apakah dilihat dari multifungsinya?
3. Untuk pembuatan makalah karya inobel apakah seperti PTK? perlu dicantumkan
rumusan masalah?Safitri Purbalingga
Pendaftaran inobel adalah melalui seleski
karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru,
berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30%
turnitine
Karya tulisnya yg paling bagus adalah
karya pengembangan (Research & design) .Kalau tidak bisa lebih baik
bestpractise.Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai
rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah
9. Assalamualaikum Pak Agus, perkenalkan saya Pak Etik dari Kabupaten Pemalang
Disamping karya inovatif bapak, apa yang membuat bapak menjadi Guru
Berdedikasi Daerah Khusus tk Nasional
tahun 2016.apa kiat2 sukses bapak ?kebetulan
saya mulai tahun 2016 sampai sekarang bekerja di SD Daerah Khusus..terima kasih
Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah
penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah
khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi. Kalau 2019 adalah
dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora
propinsi
Pak Etik silahkan pantau terus akun
kesharlindung. Jika propinsi ada seleksi silahkan dipersiapkan sama seperti
Gupres tetapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi
10. Pak agus saya mau tanya..saya kan guru fisika. Sebenarnya banyak karya
inovatif yg bisa dibuat tp bila di sekolah alat praktikumnya sdh banyak,
bagaimana caranya saya membuat karya inovatif tersebut? Sri indayani lamongan
Kunci Inovasi
1. Menemukan baru
2. Menyempurnakan yang lama
Silahkan terapkan APIK tadi menurut
kondisi anda sendiri
11. Apa yang menjadi kendala ketika akan meraih juara inobel?
Pengendalian diri, agar tidak terjebak
dalam sikap yg merugika penilaian juri. Semisal dalam menanggapi sanggahan atau
masukan juri harus hati2 dan tidak menyinggung. Membela diri dengan dengan
kata2 tersembunyi agar tidak terkesan rendah diri apalagi menyalahkan diri
sendiri.
12. Selamat malam pal Agus moga panjen sehat selalu..sy bu trini dr Sd Wno 1 Gk
peserta belajar menulis gel 8 Tanya ya
pak Apakah inobel sama sprt membuat PTK ...bedanya apa antara PTK dan inobel ?
Aamiin, terimakasih dan selamat malam Bu. PTK
adalah salah satu bentuk karya tulis inovasi didalam PTK ada inovasi.Maka PTK
boleh diikutkan dalam lomba inobel
13. Pak @Tri Agus Cahyono ,SD'ku tidak seperti SD Lain yang sarpras'nya
Lengkap.Untuk pembeLajaran STEM saja tidak mendukung.Mohon tips'nya metode atau
modeL pembeLajaran apa yang tepat untuk keLas saya? Terimakasih
Dalam penilaian seleksi inobel pertama
adalah seleski:
administrasi, karya tulis, workshop, final
(display& presentasi)
Kunci lolos seleksi pertama harus membuat
karya tulis yg layak lolos. Keterbatasan adalah kekuatan jadi gunakan hal
tersebut untuk menjadi sebab munculnya lebih banyak ide dan meningkatkan
kompetensi njenengan.
Untuk membuat karya tulis yg layak lolos
uji smiliarity tipsnya
1. Sedikit mengutip langsung
2. Gunakan sumber asing terjemahkan
sebisanya
3. Jangan membaca buku sumber / KTI
oranglain saat menulis
Syarat lolos workshop:
1. Mengikuti kegiatan dengan baik
2. Apa yg diulang-ulang narasumber lakukan
3. Tetap fokus dan jangan minder dengan
karya peserta lain
14. Assalamualaikum pak, saya noralia dari
Semarang, Mohon ijin bertanya
1. Bolehkah saya tau judul karya inovatif bapak yang lolos di inobel?
2. Inovasi pembelajaran seperti apa yang sedang in sekarang ini?
3. Tahun kemarin sebenarnya saya tertarik ikut inobel, tetapi terkendala
NUPTK saya yang belum keluar,
lomba karya tulis apa saja yang dapat
diikuti oleh guru selain inobel, dengan catatan bisa diikuti oleh semua guru
tanpa ada syarat khusus NUPTK. Terimakasih
15. Apakah di inobel selalu inovasi tentang alat peraga yang menjadi juara,
apakah tidak ada yang berinovasi tentang model pembelajaran?
Tidak, bisa tentang model atau pendekatan.
Untuk model atau pendekatan harus kuat dalam berteori (landasan teori) jadi
menguasai teori2 belajar. Harus berhati2 dalam menyusun sintak yg mirip
langkah2nya dengan model yg sudah ada karena akan terdeteksi plagiat.
Syarat menang di final:
1. Berani modal untuk display yg baik
2. Rancangan Pencitraan sikap dalam
presentasi
3. Berdoa dan tawakal jangan terlalu
senang menikmati Jalan2 yg disediakan panitia.
16. Assalamualaikum pak Agus, saya ika dari tangerang.....sebenarnya kriteria
penilaian untuk guru inobel itu apa saja?apakah kriteria ny sama dr tingkat
kecamatan smp tingkat internasional. dan yang disebut inobel itu seperti apa?
(berdasarkan pengalaman sy pernah diajukan ikut lomba guru inobel tp tidak dpt
juara pak, karena diberitahukan mendadak dan kurang info serta pengalaman)
Inobel tingkat nasional pendaftaran
mandiri, tidak melalui penunjukan. Jika melalui penunjukkan mungkin
penyelenggaranya tingkat propinsi atau kabupaten.
17. Slmt malam pak Tri,salut Untuk anda, melihat dari profil psk Tri,beralamat
di Pacitan Jatim,bagaimana mengatur waktu,sedangkan tugasnya di Gunung Kidul Yogya,mohon sharingnya sedikit.
Maturnuwun
Saya setiap hari laju dari Pacitan ke
Gunungkidul menempuh jarak 70km. PP 140 km. Di perjalanan sering saya gunakan
untuk memikirkan apa2 yg harus saya lakukan bersama anak2 di sekolah. Ditempuh
dalam waktu 1 jam 30 menit santai, jalur lintas selatan sepi.
Saya percaya dengan intensitas bawah sadar
bahwa apa yg kita angan-angankan akan terjadi pada suatu saat kelak, semoga apa
yg menjadi cita2 Bpk/Ibu semua akan terwujud.2011 Saya menangis ketika menonton
film Hacthiko (the dog story') 2017 saya berfoto di monumen Hacthiko di stasiun
Sibuya Jepang.2014 dosen saya bercerita salju membuat tidak betah lama-lama
diluar negeri. 2017 saya bermain salju di puncak Fujiyama.Gara-gara membina
siswa saya lolos OSN propinsi ke propinsi, saya pun lolos ke OGN nasional.
Kesimpulannya :
Kunci Inovasi yaitu Menemukan baru dan Menyempurnakan yang
lama. menerapkan "APIK" =Asli /jangan menjiplak,Perlu/benar-benar
dibutuhkan,Inovativ, Konsisten.
Keterbatasan adalah kekuatan
jadi gunakan hal tersebut untuk menjadi sebab munculnya lebih banyak ide dan
meningkatkan kompetensi
Tiidak ada yg terjadi secara
kebetulan, semua sudah anda rencanakan sebelumnya, waktu saja yg belum
mengijinkan
Mantul
BalasHapusKeren Pak ,ayo dibuat menurut pemahaman Bapak pasti bukunya jadi cling
BalasHapusKhasnya Pak Etik : rapih 😀👍🏻
BalasHapus