Malam ini bertepatan dengan Malam pertama di Bulan
Ramadhan, saya lihat di televisi bahwa
berdasarkan sidang Isbat diputuskan oleh Pemerintah bahwa esok hari Jumat, 24 April 2020 sudah
ditetapkan 1 Ramadhan 1441 H, bertepatan dengan itu juga
Pukul 19.00 WIB Kuliah Online ke-20 (Kamis 23 April 2020) Belajar menulis WA
Grup PGRI dengan Materi Teknik Memasarkan Buku , Narasumber Bapak Agus
Subardana, S.E,M.M. Direktur Marketing Penerbit Andi Yogyakarta.
Materi Kuliah dari Bapak Agus secara lengkap sudah
dibagikan oleh Omjay kepada para peserta Belajar Menulis WAG PGRI Gelombang 7, dengan
format Word 4 halaman dan mudah dipahami.
Setelah mengucap salam beliau Pak Agus meminta
agar para peserta membaca terlebih dahulu ringkasan singkat Materi mengenai
Strategi Pemasaran buku yang sudah dibagikan.
Berikut ringkasannya :
Strategi Pemasaran Buku
Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan
dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini,
anak anak telah diperkenalkan pada buku
dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang
cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong
kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun
budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi
pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Perkembangan industri penerbitan buku juga dipicu
oleh alasan keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri
lainnya khususnya barang konsumsi. Saat ini terdapat 1 328 penerbit yang terdaftar
sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif
sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktive lagi.
Dalam rangka untuk mempertahankan Industri
Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan
buku yang maksimal maka kita perlu
strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua
wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Strategi pemasaran penjualan buku sangat
dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat
dilihat dari jenis jenis buku yang di
terbitkan. Jenis jenis buku yang di
terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit
ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori
produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi -
Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Dari jenis
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan
berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya
kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis
. Sehingga strategi pemasaran pada
umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor
Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2.
Faktor
Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan
sosial-budaya.
Saat ini kami dalam menjalankan bisnis Penerbitan
Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor
Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk
Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah
menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi
32 katagori.
Strategi Pemasaran buku yang telah kami petakan
menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan
strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro
dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan
secara singkat sebagai berikut :
Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
a. Pemasaran
buku lewat Online
Saat ini yang sedang ngetren dan gencar di dunia
maya yaitu Strategi Pemasaran yang banyak di pakai oleh setiap orang yang sudah
mengerti teknologi internet yaitu berpromosi lewat Online melalui website dan
media sosial lainya. Kalau kita sudah mempunyai produk buku yang jenis
katagorinya banyak maka langkah awal kita harus buat website. Katakanlah website merupakan markas besar
untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan mempunyai website ini kita dapat
merencanakan promosi dalam melancarkan penjualan buku. Dan website tersebut
akan banyak kita isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni, dan
lain sebagainya.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus
terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-
Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
-
Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
-
Menaikan
penjualan dan profit
-
Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
-
Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
-
Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
-
Media
Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku yaitu sudah
tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat telepon, w.a, sms, email,
dll.
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk
sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien sehingga
tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan.
Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta
dapat menjaga integritas pribadi kita.
Strategi pemasaran buku serangan Darat
Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini
dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan
membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit
Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan
tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita
kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko
Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan
mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku
di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko
buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi
Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut
, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem
administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books
Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini
mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat
dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko buku semi modern biasanya masih
dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan
Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual .
Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih
dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai
macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
-
Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
-
Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
- Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
-
Mengadakan
event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku
modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan
pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui Direkselling ini kita
petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori
buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar
yaitu :
-
Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
-
Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
-
Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas
maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan
menempatkan tenaga penjual (Sales) . Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita
beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing masing yang bertugas :
Kunjungan langsung ke tiap sekolah
Kunjungan langsung ke setiap kampus
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah,
Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan
dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal
Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku
dapat meningkat.
3. Melakukan Event Event
Aktive dalam melakukan event event
seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan
sebagainya.
Demikian yang dapat saya sampaikan Strategi
pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku
yang belum kami sampaikan , di lain waktu kita lanjutkan strategi pemasaran
buku selanjutnya Terimakasih
Sesi
selanjutnya seperti biasa diskusi dan tanya jawab. Berikut secara lengkap tanya
jawab dari para peserta :
P1 :
Strategi pemasaran penjualan
buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini
dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku
yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu
contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu
ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian,
Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Apakah penerbit andi punya toko online dan
bekerjasama dengan tokopedia? Saraswati banyuwangi
J1
Terimakasih
atas pertanyaan ibu Saraswato...
Kami penerbit
Andi mempunyai website : www.andipublisher.com dan Ibu dapat langsung bertransaksi
lewat website tersebut... Kami juga bekerjasama dengan semua marketplace termasuk tokopedia....
Terimakasih
P2
Strategi Pemasaran buku yang
telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku
serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
apakah yg aling sulit dari keduanya? Albert Kupang
J2
Terimakasih kasih pak Albert...Dari kedua strategi
tersebut paling sulit adalah strategi pemasaran serangan darat dikarenakan
membutuhkan waktu tenaga dan tentunya adanya follow up yang terus menerus... Sehingga
keberhasilan ditentukan oleh tenaga penjual yg kita percayakan. Demikian yang
dapat saya sampaikan dari pertanyaan pak Albert...terimakasih
P3
Pak Agus, bagi penulis buku
pemula pemasaran yg plg efektif ygmana? Apakah serangan udara, directselling,
ataukah event. Ataukah perlu ketiganya jalan bersama? Terima kasih.Isminatun,
Sukoharjo
J3
Bagus sekali pertanyaan nya... Bagi penulis
pemula... Kalau naskahnya dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh penerbit
skala nasional seperti Penerbit Andi, tentunya kami akan lakukan langsung memakai
dua strategi pemasaran tersebut... Tapi bila penulis tersebut menerbitkan sendiri tidak melalui Penerbit...
Maka dapat melakukan strategi pemasaran buku serangan Udara di point 2
(komunitas dan gunakan media sosial secara mandiri) . Terimakasih
P4
Pertanyaan 4, Pak Agus sy
mukminin dari Lamongan. Mau tanya. Untuk penulis yg bukunya diterbitkan
penerbit mayor spt penerbit Andi mhn maaf biar tahu brp royaltinyanya dan
apakah penulis juga punya tugas yg jwb memadatkan bukunya. Mksih
J4
Baik pak... Penulis mendapatkan hak Royalti 10%
dari total nilai transaksi terjual. Kalau di penerbit Andi rata2 diberikan
Royati per 6 bulan / Semester terhitung sejak buku telah terdistribusi dan di tandatangani
perjanjian kedua pihak (antara penulis - penerbit). Penulis mendapatkan bukunya
sebanyak 3 exs. Dan penulis di perbolehkan mempromosikan bukunya dan kalau
penulisnya beli bukunya biasanya mendapatkan potongan 30%. Terimakasih
P5
Pertanyaan 5, Assalamu'alaikum Pak Agus, saya Pak
Etik Nurinto dari Kabupaten Pemalang . Apa yang harus dilakukan penulis agar
buku yang kita tulis laku dijual..apalagi disaat pandemi covid19 sekarang ini
J5
terima kasih.Pak Etik Ytk... Sebelumnya ada
Narasumber dari pak Edi S Mulyanta,
bagaimana menulis buku yang laku di jual... Pertama yang Bisa bpk Tulis
adalah menulislah bidang yg Bpk kuasai...Kedua Bpk bisa lihat di google trend
produk buku apa yang laku... Di situ akan di tunjukkan tren produk buku apa yg
laku di jual saat ini...Memang buku yang laku saat ini masih buku untuk Anak2.. Dan novel untuk remaja. Terimakasih
P6
Pertanyaan 6, Selamat malam
pak, adakah kemungkinan menjalin kolaborasi dengan pesaing dalam penjualan
buku? Bagaimana penerapannya? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.
J6
Malam pak Yulius... Kemungkinan menjalin kolaborasi
dgn pesaing tentunya ada... Contoh nya kami kolaborasi dgn Penerbit BPFE UGM.. Adapun
syarat dan ketentuan kita harus ada titik temu dari kedua belah pihak.. Dalam penerapannya kita akan lihat dan nilai dari aspek produk
nya, potensi pasar , daya serap produk .
Terimakasih
P7
Pertanyaan 7, Ass.
Wr. Wb. Selamat malam pak Agus.
Ada 3 pertanyaan:
1.
Mengapa harga 1 buku antara toko yg satu dengan toko yang lain terkadang tidak sama walaupun
sampul, judul dan isi sama.
2.
Apa yang membedakan harga buku antara satu
dengan yg lain berbeda walaupun halaman, kwalitas kertas buku dan penerbit sama
, tapi isi dan pengarang berbeda?
3.
Mana yg lebih banyak diminati antara belanja buku dengan serangan udara
dengan serangan darat? Adakah keuntungan
dan kelemahan masing?
Terimakasih.Rifatun Salatiga.Wass. Wr. Wb
J7
Walaikumsalam
Bpk..
1.
Buku
yg kami terbitkan sudah ada standar harganya,
di barcode back Viber buku sudah ada harga yg tercantum sehingga harga
tidak bisa di rubah.. Kecuali ada moment promosi di toko tersebut biasanya ada
mendapatkan discount tetapi harga aslinya tetap ditampilkan. Adapun kalau Toko
tersebut di luar pulau jawa maka ada harga Zona, sehingga harga jawa dgn harga di luarpulau
bisa berbeda (contoh harga jawa dan
harga di sumatra ada perbedaan).
2.
Yang
membedakan harga adalah setiap penerbit mempunyai hak untuk menentukan harga
buku produksi... Yang di hitung dari oplah cetak nya... Semakin cetak oplahnya banyak semakin
murah. Klo oplah cetak nya sedikit
semakin mahal harga buku tersebut. Sehingga ini yg menjadi perbedaan harga dari
penerbit satu dgn lainnya.
3.
Pertanyaan
point ketiga ini, sesuai target jenis
buku yg kita tuju. Serangan Darat lebih banyak menghasilkan karena langsung
ketemu dgn konsumen apalagi pasar buku teks utama yg kita pasarkan. Konsumen
biasanya lebih senang tatap muka langsung dan dapat melihat sampel produknya. Kekurangan
serangan darat, dibutuhkan tenaga
penjual tentunya ada biaya operasional dan butuh waktu dalam follow up. Adapun
serangan udara, kelebihannya bisa
menekan biaya operasional, informasi
produk cepat sampai ke konsumen dan promosi bisa tersebar secara masif lewat
online ini. Kekurangan nya : konsumen di indonesia belum terlalu percaya atas
informasi produk yg diterima, ada rasa
takut barangnya tidak sesuai dgn peranannya , konsumen masih dikenai ongkir . Terimakasih
P8
Pertanyaan 8, Assalamualaikum...slmt malam..andy
babel bertanya :
1.
Sebagaimana telah disebutkan untuk
penjualan buku lewat online kita harus proaktif promosi salah satunya, Mengubah
tingkah laku, persepsi dan pendapt konsumen, maksudnya seperti apa?
2.
Strategi apa yg dapat di lakukan bersama
antara penerbit dan penulis ?
Atas jawabannya diucapan terimakasih.. Andy
Muhtadi
J8
point 1 :
Maksudnya klo kita proaktive promosi produk lewat
online maka dapat mengubah tingkah laku,
persepsi dan pendapat konsumen. Dalam arti dgn kita terus promosi maka
konsumen tersebut yg tadi nya tidak respon terhadap produk tersebut dapat
mengubah perilaku , persepsi (pola
pikir) untuk tertarik membeli produk yg
kita tawarkan /promosikan sehingga mengubah pendapatnya untuk mengambil
keputusan untuk membeli produk tersebut.
Point 2.
Strategi yg
dapat di lakukan antara penulis dan penerbit yaitu
- Melakukan
Takshow Bedah Buku secara periodik.
- Sama2
mempromosikan bukunya
- Penulis
dapat membantu menjualkan bukunya dan pihak Penerbit akan memberikan Rabat buat
penulis. Terimakasih
P9
Pertanyaan 9,
assalamualaikum pak agus, saya mau tanya
tentang pemasaran buku. pengalaman
pemateri yg paling efektif itu melalui media apa sosial media atau media
cetak atau door to door terimaksih.Anwar Syafei
J9
Bpk Anwar Ytk. Pertanyaan Bpk sudah ada di dalam
materi singkat yang saya sampaikan. Namun untuk saat ini pengalaman yg paling
efektif yaitu melalui media sosial /online. Terimakasih
P10
Pertanyaan 10,
Assalamualaikum wr wb Selamat menunaikan ibadah teraweh dg pyishical distancing
Bertanya: Bgmn pengalaman baik dg strategi yg digunakan selama ini, mana
diantara sekian strategi yg lebih baik, butuh brp lama wktu yg di pakai unt
smpi bisa jd buku best seller. Terima kasih Bu Iez Lumajang
J10
Walaikumsalam bu Lez.. Pengalaman saya dengan
sumber daya yg memadai maka strategi yg kami pakai dari paparan materi saya
tersebut saya pakai semuanya... Karena kami sebagai Industri Penerbitan buku
harus terus dapat profit dan terus mengembangkan pasar. Waktu yg di butuhkan
untuk menjadi buku best seller rata2 4-6 bula n, dan moment jual buku tersebut.
Contohnya kalau menerbitkan buku pelajaran maka moment jual yg tepat saat
antara Mei s.d Agustus. Terimakasih
P11
Pertanyaan 11, bapak nulis
Melakukan Event – Event sementara ada wabah corona, bgm caranya dilakukan saat
ini? Naibaho, Sorong papua.
J11
Terimakasih kasih pak Naibaho atas pertanyaan
nya.. Saat ini sedang wabah corona , kita lakukan pemasaran lewat online... Dan
event2 lewat online juga. Sementara
event2 yang sifatnya berkumpul dan tatap muka sementara kita tiadakan.Kita
berdoa bersama semoga wabah corona segera berakhir.
Terimakasih
P12
Pertanyaan 12, Pertanyaan untuk
pak Instruktur malam ini?saya sedang memberi tantangan untuk diri sendiri.
Setiap sore tiba saya HARUS menulis. Ada yang berangkat dari inspirasi tertentu
ada yang sama sekali tanpa inspirasi. Dapatkah tulisan seperti itu dibukukan
untuk diterbitkan? Terima kasih (Roni Bani)
J12
Untuk pertanyaan pak Roni... Bahwa sebelumnya
sudah ada materi yg sampaikan narasumber pak Edit S Mukanya.. Yaitu tentang
penulisan buku .Jadi supaya tulisan Bpk tersebut layak untuk di terbitkan
silakan Bpk memperdalam lagi materi tentang cara penulisan buku. Terimakasih
P13
Assalamualaikum pak agus,
nama saya edi syahputra.H Dari ACeh saya
ingin bertanya, Pertama, apakah kita seorang penulis bisa memasarkan buku kita,
sementara buku karya kita diterbitkan oleh penerbit Mayor.
Pertanyaan saya yang kedua adalah bagaimana cara
memasarkan buku kepada pembaca supaya buku kita itu laku, karena pengalaman
saya bahwa buku saya yang saya tulis bukan saya jual tapi saya bagi bagi mohon
dijawab
J13
Walaikumsalam
Bpk Edi..
Pertanyaan
Pertama :
Penulis boleh memasarkan bukunya sendiri walaupun
diterbitkan oleh penerbit Mayor. Penerbit justru sangat terbantu jika penulis
ikut serta memasarkan bukunya dan penulis akan mendapatkan rabat dari penerbit.
Pertanyaan ke 2 :
Bpk bisa lakukan maka gunakanlah jaringan
komunitas Bpk untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat
komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas Bpk .Terimakasih
P14
Pertanyaan 14, Maaf Pak
Agus, apakah sebagai seorang penulis kita juga harus menguasai strategi
pemasaran? Atau penerbit yang mestinya lebih paham tentang hal itu? Terimakasih
Agus Purwadi, Ponjong
J14
Baik pak Purwadi.. Kalau buku Bpk diterbitkan oleh
penerbit Mayor, tentunya pihak penerbit
yang akan memasarkan dgn strategi pemasaran masing2 penerbit. Biasanya pihak
penulis diharapkan juga berperan mempromosikan bukunya lewat komunitas
penulisnya. Kalau bukunya diterbitkan secara Pribadi dgn mengeluarkan modal
penulis pribadi maka penulis tersebut harus mengerti dan menguasai strategi
pemasaran bukunya. Demikian yang dapat saya sampaikan.. Terimakasih
P15
Pertanyaan 15, Mat malam Pak Agus, (Saya Benny
Belang - Kupang) bagaimana perusahaan penerbitan umumnya atau Penerbit Andi
menentukan harga pemasaran sebuah buku yang diterbitkan. Aspek apa saja yang
paling menentukan nilai / harga dimaksud? Trims.
J15
Baik pak
Benny... Penerbit menilai naskah dari berbagai aspek:
Aspek
Ideologis
Apakah topik
bertentangan dengan UUD 1945 dan Pancasila, apakah topiknya akan meresahkan
kondisi masyarakat seperti: politik, hankam, sara, sopan santun, harga diri,
dll.
Aspek Keilmuan :
Apakah topik
yang dibahas merupakan topik baru bagi masyarakat, dan apakah masyarakat sudah siap
menerima topik tersebut?
Apakah naskah
tersebut gagasan asli atau jiplakan?
Terkait dengan
akurasi data maka diperlukan sumber daftar pustaka yang lengkap.
Aspek Penyajian:
Apakah
sistematika kerangka pemikiran baik sehingga alur logika pemaparan mudah
dipahami?
Bahasa yang
digunakan apakah komunikatif sesuai dengan jenis naskah dan sasaran pembaca?
Apakah cara
penulisannya sudah benar, yaitu menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baku?
Kelengkapan
naskah secara fisik seperti kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, batang
tubuh, daftar gambar, tabel, lampiran, index, daftar pustaka, sinposis, apakah
sudah lengkap?
Pengetikan
menggunakan media dan alat apa, apakah tulis tangan, diketik manual, ketik
komputer menggunakan software tertentu?
Mutu gambar,
tabel dan objek lain yang dipasang (capture) apakah layak atau masih harus
diperbaiki lagi?
Apakah urusan
perizinan penggunaan gambar tertentu, izin terjemahan, izin pengutipan dll.
sudah diselesaikan?
Aspek Pemasaran:
Apakah tema
naskah mempunyai pangsa pasar jelas dan luas sehingga buku akan dapat dan mudah
diterima pasar?
Apakah naskah
memiliki selling point atau potensi jual tertentu, seperti judul, keindahan,
bahasa, kasus aktual, dsb?
Apakah ada
buku sejenis yang beredar dan telah diterbitkan? Apa kelebihan naskah tersebut
dibandingkan dengan buku lain?
Aspek Reputasi Penulis:
Apakah penulis
adalah tokoh, praktisi, dosen yang sangat diakui kepakarannya oleh masyarakat
luas?
Apakah
buku-buku yang pernah diterbitkan mempunyai catatan keilmuan dan pemasaran yang
baik?
Jadi aspek yg
paling menentukan adalah potensi pasar.
Terimakasih
P16
Pertanyaan 16, Slmt mlm pak
Agust,tadi sudah dijelaskan ada beberapa strategi pemasaran buku,apa ada
teknik/ strategi pemasaran yg lebih sederhana,klo ada misalnya bagaimana?
Terimakasih,Lusia Curup.
J16
Teknik strategi pemasaran buku yg lebih sederhana
yaitu melakukan pemasaran langsung lewat komunitas dan relasi penulisnya. Terimakasih
P17
Assalamualaikum...saya ika siswati dr tangerang
mau bertanya .Bagaiman carnya membentuk citra produk di benak mata konsumen
sesuai dengan yang diinginkan?
J17
Walaikumsalam
bu..
Caranya :
-
Fokus pada pengisahan cerita, bukan pada
fitur produk.Tanpa cerita
yang bagus, produk kita tidak akan memiliki nilai inheren atau emosional bagi
pelanggan. Terkadang, manusia itu lebih cepat memberi respons saat diberi
cerita. Bila suatu merek memberi kesan mendalam bagi konsumen, maka hal tersebut
akan berdampak pada perilaku belanja konsumen.
-
Beri nilai tambah produk agar makin
disukai konsumen.Ketika
membentuk citra merek, sebaiknya konten yang di buat harus fokus pada hal yang
dapat membangun hubungan dan membantu konsumen membuat keputusan yang tepat dan
matang. Dengan begitu, ketika mereka memilih produk kita itu karena produk kita
yang paling sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan berdampak pada hubungan yang
lebih kuat dan tahan lama.
-
Pelayanan
terhadap pelanggan yg baik secara sosial
akan berdampak positif bagi citra perusahaan. Terimakasih
P18
Pertanyaan 18 (terakhir),
Candra-Langkat, ada tidak pnglmn bpk pribadi.. menangani sebuah buku yg mungkin
dianggap tidak terlalu disukai pasar...namun Krn faktor X, buku tersebut
booming? Terimakasih sblmny pak
J18
Halo pak Candra... Berdasarkan pengalaman pribadi
saya.. Menangani sebuah buku yg semula dianggap tidak terlalu di sukai pasar
ternyata booming? Pengalaman pribadi saya pernah terjadi seperti itu
pak...
Ada beberapa
judul buku yg demikian.. Karena mungkin
ada faktor X. Terimakasih
Waktu sudah
hampir habis namun para peserta masih antusias bertanya
Pertanyaan Bonus :
Selamat malam pak Agus, saya
mau bertanya: tentang ukuran besar dan ketebalan buku yg memudahkan pemasaran
jika dibandingkan dengan minat pembaca. Apakah buku yg berukuran tebal halaman
60-70 dan standar A5 yg lebih disukai
pasar? Grefer-kupang-NTT
Jawab:
Hallo pak
Grefer... Terimakasih atas pertanyaan nya...
Ukuran Buku
dan Area Cetak
Setelah Bpk menentukan sistematika penulisan buku
, hal penting berikutnya adalah format buku yang akan di tulis. Format buku
terdiri dari beberapa ukuran yaitu ukuran besar, standar, kecil, atau buku saku
serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh terhadap ketebalan
buku dan kedalaman materi yang Anda inginkan.
Format buku di
Penerbit Andi:
Format Besar :
20 cm x 28 cm, 21,5 cm x 15,5 cm
Format Standar
: 16 cm x 23 cm, 11,5 cm x 17,5 cm
Format Kecil :
14 cm x 21 cm, 10 cm x 16 cm
Buku Saku : 10
cm x 18 cm, 13,5 cm x 7,5 cm
Format Khusus
Banyak Penulis tidak memperhatikan format ini
sehingga saat dilakukan pengaturan layout dan setting, beberapa bagian buku
menjadi tidak sesuai dengan maksud Penulis. Ketidaksesuaian tersebut contohnya:
proporsi gambar yang tidak benar, pemotongan kata yang tidak tepat (terutama
pada listing program pada buku pemrograman), dan ketebalan buku yang tidak
proporsional.Demikian yang dapat saya sampaikan.. Terimakasih
Dari banyaknya pertanyaan dan hasil diskusi Kesimpulan
adalah :
Bahwa Strategi pemasaran ..saya ibaratkan sebuah
seni berkreasi, berinovasi, berkreatifitas, dan terus mengembangkan ide idenya. Maka dari
itu materi yang saya sampaikan ini tentang Strategi Pemasaran buku tentu akan
terus berinovasi mengikuti perkembangan pasar.
Diakhir Kuliah
Omjay menyampaikan :
Selamat
menjalankan Ibadah Puasa esok Hari. Sabtu dan minggu kita libur dan mulai
kembali hari senin dengan jadwal yg disesuikan selama bulan suci ramadhan.
Jangan lupa resume kuliah online dikirimkan ke omjaylabs@gmail.com dan posting
di blog bapak dan ibu. Buat yang baru bergabung, nanti bisa japri omjay, terima
kasih atas perhatiannya.
Resume Oleh :
ETIK NURINTO,S .Pd.SD
Guru SDN
Pabuaran Kec.Bantarbolang Kab.Pemalang
Blog :
Email :
WA:
083134609000
Mantap
BalasHapusMantap dan kreatif
BalasHapus